About Us
Atas Nama Bapa, Putra dan Roh Kudus

YAYASAN LUMEN CAHAYA INDONESIA

“Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?” (Roma 10:14)

LUMEN INDONESIA dibentuk pada tanggal 21 Desember 1986 di Jakarta dengan tujuan utama mewartakan kabar sukacita Injil ke seluruh penjuru Indonesia melalui sarana media massa.

Pada awal kegiatannya, LUMEN INDONESIA memiliki 3 (tiga) Imam sebagai Moderator, yaitu :

  • Romo. Sugiri SJ
  • Romo. Yohanes Indrakusuma O.Carm.
  • Romo. Subroto SJ

Sejalan dengan tujuan yang telah ditetapkan, pada tahun 1987 LUMEN INDONESIA mulai menyiarkan Renungan Harian melalui stasiun pemancar radio, dimulai dengan 6 stasiun radio hingga saat ini telah berkembang menjadi lebih dari 50 stasiun pemancar radio di seluruh Indonesia. Renungan Harian ini disajikan sesuai Penanggalan Liturgi Katolik dan tetap tersiar setiap hari hingga saat ini.

Menyadari perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, LUMEN INDONESIA berusaha untuk menggunakan sarana media komunikasi secara optimal, sehingga kegiatan pewartaan dapat dilakukan lebih efisien dan efektif. Salah satu langkah yang dilakukan oleh LUMEN INDONESIA adalah membuat website dengan alamat www.lumen2000.org sejak tahun 2007 dan diperbaharui secara regular sehingga materi pewartaan di dalamnya selalu up to date. Selain Website, Kami juga hadir melalui Facebook dan Twitter.

  • Retret untuk para Uskup, Imam, rohaniwan, biarawan, biarawati
  • Retret untuk kaum awam
  • Pendampingan dan dukungan kegiatan rohani bagi Orang Muda Katolik
  • Pertemuan rutin (formation) bagi Pengurus dan anggota Yayasan Lumen Cahaya Indonesia

Salah satu agenda besar YAYASAN LUMEN CAHAYA INDONESIA adalah persiapan menyongsong “The Greatest of All Jubilees 2033” (Yubilium Agung 2033), yaitu Perayaan Peristiwa Terbesar 2000 Tahun Wafat, Kebangkitan, Kenaikan Tuhan Yesus dan Pentekosta. Diharapkan dengan segala upaya pewartaan melalui berbagai sarana media komunikasi baik digital maupun secara langsung akan semakin banyak umat manusia mengenal, percaya dan mencintai Tuhan Yesus Kristus, sang Juru Selamat. Semoga rahmat karunia Tuhan Yesus Kristus dan bimbingan Roh Kudus selalu menyertai kita.

Pelindung Yayasan

Father Joseph Hygino Henriques, CSsR

Direktur LUMEN 2000 Asia Pasifik sejak tahun 1986 hingga sekarang. Pernah menjabat sebagai Superior Provinsial Ordo Redemptoris di India mulai tahun 1986 hingga 1990. Pembimbing rohani "Federasi Asia Asosiasi Medis Katholik" sejak tahun 2000 hingga sekarang. Pembicara serta pembimbing Retret untuk para Imam, Uskup serta awam di Asia Tenggara, Untuk di Indonesia dimulai tahun 1988 hingga sekarang.

Romo Yohanes Ardhisubagyo, Pr

Romo. Bagyo, demikian beliau biasa disapa, diutus Uskup untuk mendampingi Lumen Indonesia tahun 2017. Beliau sempat mendampingi Bapak Kardinal Yulius Darmaatmaja dan Bapak Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo sebagai Wakil Uskup atau Vikaris Jendral ( Vikjen). Kini Romo Bagyo mengajar di program studi pendidikan keagamaan Katolik di Universitas Atmajaya, Jakarta. Di tengah kesibukkanya sebagai Dosen, Romo Bagyo ditugaskan oleh Bapak Uskup di Paroki St. Theresia, Menteng sebagai Pastor Rekan

Kata Pengantar

Sekapur Sirih

Romo Yohanes Subayo, Pr

“Lumen Cahaya Indonesia” dididirikan lebih dari 30 tahun lalu - dan sampai sekarang masih tegak berdiri - dengan sebuah keyakinan bahwa Kabar Gembira senantiasa harus diwartakan. Inspirasinya berasal dari Yesus sendiri yang mengatakan bahwa Ia adalah Sang Terang. Kata Yesus: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." (TB; Injil Yohanes 8:12). Dengan pelbagai cara, diusahakan agar umat Katolik makin melihat dan mengikuti Sang Terang itu agar hidupnya damai dan selamat. Maka didirikanlah toko buku; dibuat siaran radio yang menjangkau umat di tempat-tempat jauh; diadakan retret dan rekoleksi bagi imam dan awam. Semuanya dimaksudkan agar umat beriman makin mengenal Tuhan Yesus dan mendapatkan terang keselamatanNya.

Beberapa pendiri Komunitas Lumen telah mendahului kita. Namun semangat dan cita-cita mereka untuk melayani Tuhan dan umatNya tetap dipelihara dan terus-menerus diwujudkan. Dengan demikian amanat agung untuk mewartakan Kabar Gembira ke segala penjuru dunia tetap menjadi roh yang menghidupi komunitas. Inilah yang menjadi kekhasan Lumen Indonesia yakni bahwa Lumen Indonesia ikut serta dalam amanat pewartaan Kabar Gembira itu, terutama di dunia yang selalu berubah ini. Lumen Indonesia, dengan segala kelebihan dan kekurangannya , adalah para pelayan pada amanat Yesus itu. Yang membuat Lumen Indonesia terus bertekun dalam Komunitas adalah janji Yesus sendiri: “Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.” (TB; Injil Matius 28:20).

Zaman berubah. Cara berkomunikasi berganti. Gaya hidup berkembang. Maka amanat dan pesan Yesus untuk mewartakan Kabar Gembira - hal yang tetap sama sepanjang masa - perlu menempuh jalan-jalan yang berbeda, asalkan orang sampai pada tujuan, yakni menemukan terang kasihNya dan selamat. Website ini adalah usaha untuk memperkenalkan Lumen Indonesia dan karya-karya pelayanannya. Kenal dengan Lumen Indonesia, semoga orang juga semakin menemukan terang kehidupan dalam pelayanan yang ditawarkan Lumen Indonesia. Semoga website ini menjadi pintu yang membuka Lumen Indonesia untuk menemukan pelayanan yang makin cocok bagi cara hidup kekinian.