Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. ... (Yohanes 12: 46)

ROH KUDUS, ROH KEBENARAN

(Yohanes 16 : 13a. 14.)

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberita kan kepadamu apa yang diterimaNya dari padaKu.”

† Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Saudara-saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Sabda Yesus kepada para murid menjelang kenaikanNya ke sorga, perlu direnungkan dalam rangka menyongsong kehadiran Roh Kudus. Para murid belum menyadari sepenuhnya yang dikatakan oleh Yesus. Begitu erat hubungan antara Yesus dengan BapaNya, sehingga yang dikatakan oleh Yesus berasal dari BapaNya. Apa yang dimiliki Bapa juga milik Yesus. Para murid belum  dapat menangkap seluruh kebenar an yang disampaikan oleh Yesus, maka Roh Kudus akan memberikan penerangan sehingga para murid  dapat menangkap bahwa Roh Kudus itulah Roh Kebenaran seperti pernah disampaikan sendiri oleh Yesus. Setelah Yesus naik ke sorga, maka Roh Kudus, Roh Penolong yang meneruskan karya yang telah dimulai dilaksakanan oleh Yesus. Roh Kudus membimbing dan mengarahkan manusia menuju rumah Bapa.  Kehadiran Roh Kudus, Roh Kebenaran kerap dialami melalui pengalaman serta kejadian hidup sehari hari.

Saudara-saudari terkasih.

Apakah kebenaran itu? Kebenaran berarti sesuatu yang sungguh-sungguh ada. Kebenran juga berarti keadaan yang cocok dengan kenyataan yang sesungguhnya. Kamus Bahasa Indonesia menghubungkan kata kebenaran dengan kejujuran dan kelurusan hati. Sementara itu Roh Kebenaran adalah Roh Kudus.  Roh Kudus sendiri. Roh Kebenaran tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya, itulah yang dikatakanNya. Roh Kebenaran itu adalah terang. Ia memberikan pengetahuan untuk membedakan kebenaran dari kepalsuan, kebaikan dari kajahatan. Dengan bimbingan Roh Kudus, setiap orang yang percaya diharapkan mampu menolak dosa, yang dapat merusak relasinya dengan Tuhan dan sesama. Roh Kudus telah hadir dan merawat. Sabda Tuhan hari ini mengingatkan kita akan peran Roh Kudus yang sungguh  penting dalam hidup Gereja dan dalam hidup setiap orang Kristiani. Marilah kita memohon bimbingan Roh Kudus, agar kita dapat menjadi "terang" di tengah masyarakat saat ini 

Saudara-saudari terkasih

Roh Kudus bagi banyak orang dirasa sebagai pribadi yang asing. Karena perhatian mereka hanya tertuju pada penjelasan tentang Roh Kudus itu sendiri, berikut peran-perannya dalam hidup umat beriman. Roh Kudus tidak berdiam di luar diri kita, tetapi berdiam di dalam diri kita. Ia membantu kita berdoa. Roh Kudus sendiri berdoa kepada Allah untuk kita. Kadang kita mengalami sukar berdoa, namun tiba-tiba pikiran kita terbuka dan menangkap kehadiran Tuhan dan mendengar suaraNya. Kadang di tengah kesulitan kita dapat memahami sebuah sabda dan makna sabda itu kita pahami. Kadang Roh Kudus melipat gandakan kemampuan kita. Kadang yang kita pikirkan, berbeda dengan yang dipikirkan Tuhan. Masih ada banyak contoh lagi yang bisa kita sebut. Namun contoh-contoh tersebut  telah memadai guna membantu kita melihat bahwa Roh Kudus terus bekerja di dalam dri kita. Kita tidak hidup sendiri, tetapi Kristus yang hidup di dalam diri kita.    

Saudara-saudari terkasih.

Tuhan Yesus mengingatkan kita bahwa Roh Kudus yang menuntun kita kepada kebenaran. Roh Kudus akan menjadi suara kebenaran yang terus berseru dan mengingatkan kita agar selalu memilih yang baik dan yang benar. Pilihan di luar itu, bukan pilihan Roh Kudus. Karena hanya orang yang ingin selamat, yang mengatakan "ya"  kepada Kristus dan berkata "tidak" kepada kejahatan. Kesanggupan itu datang dari Roh Kudus. Seringkali kita berhadapan dengan keadaan yang kurang menem patkan kebenaran dan kejujuran sebagai landasan untuk bersikap dan bertindak. Dikisahkan seseorang, menyeberangi sebuah sungai yang deras lagi dalam. Berjalan di atas sebuah batang pohon kelapa. Tiba-tiba dia goyah, akan jatuh, sangat berbahaya riskan sekali, karena pasti akan jatuh. Tiba-tiba, ada seorang anak kecil berdiri di belakangnya dan  menyerahkan galah itu kepadanya. Dengan berpegang galah itu ia berjalan di atas batang pohon kelapa itu. Seperti itulah peran Roh Kudus dalam hidup kita. Dia hadir memberikan pertolonganNya. Dia hadir memberikan kelegaan dan penghiburan!!

REFLEKSI:

Sadarkah kita bahwa di dalam diri kita hadir Roh Kudus yang siap menolong kita dalam menjalani hidup sehari-hari?  

MARILAH KITA BERDOA:

Tuhan Yesus, penuhilah diri kami dengan rahmat kuasaMu, sebab kami ini lemah dan tak berdaya. Bersama Engkau kami percaya bisa menjadi kuat dan mampu menger  jakan tanggungjawab yang dipercayakan kepada kami untuk kami lakukan dalam hidup sehari-hari., ya Yesus... Doa ini kami persembahkan dalam namaMu, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

  

  

  

  

  

  

  

  

 

LUMEN NO     :  9408