Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. ... (Yohanes 12: 46)

MENJADI SAUDARA YESUS

(Markus 3:34-35)

Yesus melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Saudara- saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus

Dalam bacaan Injil pada hari ini, penulis injil Markus menceriterakan bagaimana kegiatan dan aktivitas Yesus yang amat padat ketika Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makan pun mereka tidak dapat. Waktu kaum keluarga Yesus mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Yesus, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi. Dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: "Yesus kerasukan Beelzebul," dan: "Dengan penghulu setan Ia mengusir setan." Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: "Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis? Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan, dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan.

Saudara-saudari terkasih,

Yesus bersabda : Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." Yesus berkata demikian karena mereka katakan bahwa Yesus kerasukan roh jahat. Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Yesus. Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau." Jawab Yesus kepada mereka: "Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?" Lalu Ia berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Saudara-saudari terkasih,

Kalau kita berbicara sebagai manusia, maka dapat kita katakan bahwa Yesus itu anak dari Bunda Maria dan Santo Yoseph. Maka sebagai seorang ibu yang juga manusia biasa sama seperti kita, pantas kalau Bunda Maria dan keluarga besar mereka merasa bertanggung jawab atas kehidupan Yesus. Oleh karena itu, ketika sudah mulai muncul berita yang kurang baik mengenai Yesus, Bunda Maria dan keluarganya mendatangi Yesus dan hendak membawa Yesus sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih besar. Apalagi sudah mulai ada gosip dan desas-desus bahwa Yesus sudah gila. Padahal yang menyebar berita bahwa Yesus sudah gila adalah orang-orang yang iri dan tidak suka dengan keberhasilan Yesus yang berbicara dengan penuh kuasa. Tetapi di sisi lain Bunda Maria dan keluarga besarnya tidak sadar bahwa Yesus adalah Allah. Dengan demikian, Yesus bukan hanya milik Bunda Maria dan keluarga besarnya. Sebaliknya Yesus jadi milik semua orang.

Saudara-saudari terkasih,

Hubungan antara manusia yang satu dengan yang lain pertama-tama berdasarkan hubungan darah. Misalnya, seorang ayah dan ibu yang mempunyai anak, memiliki tugas dan tanggung jawab pertama-tama kepada anak. Dan setiap orang tua pasti akan melakukan apa pun yang terbaik untuk anak-anak mereka, meskipun mereka harus mengorbankan nyawa. Hal ini mereka lakukan, karena anak adalah darah daging dari orang tua. Sementara dengan anak yang bukan anak kandung, akan mendapatkan perlakukan berbeda. Demikian pula seorang anak. Seorang anak pertama-tama akan berbakti kepada kedua orang tuanya. Setelah itu baru mengabdi kepada masyarakat. Namun hal ini tidak berlaku bagi Yesus. Bagi Yesus setiap orang bisa menjadi ayah, ibu dan saudara Yesus. Syaratnya:  melakukan kehendak BapaNya.

                                                              

REFLEKSI:

Apakah selama ini kita sudah menyadari bahwa kita semua bisa menjadi saudara Yesus asalkan kita melakukan kehendak Bapa?

                                                                                                         

MARILAH KITA BERDOA:

Tuhan Yesus Kristus, Engkau bersabda: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku. Berilah kami kekuatan untuk melakukan hendak Bapa sehingga kami boleh menjadi saudaraMu. Doa ini kami persembahkan dalam namaMu, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

LUMEN NO     :  9440