Broadcast
Atas Nama Bapa, Putra dan Roh Kudus

BERDOA DALAM NAMA YESUS

BC - 100153P | Sabtu, 23 Mei 2020

Bacaan Hari ini:
Kis.18:23-28
Yoh.16:23b-28

Kata Yesus : “Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku minta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
Yohanes 16:26-27

† Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.
Saudara- saudari terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus
Dalam bacaan pada hari ini, penginjil Yohanes secara perlahan-lahan berusaha mengungkapkan jati diri Tuhan Yesus Kristus yang sesungguhnya. Walaupun sebelumnya Tuhan Yesus sebenarnya sudah memperlihatkan diri-Nya dengan membuat banyak mukjizat. Namun hari ini Yesus mengungkapkan fakta lain: “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."

Saudara-saudari terkasih,
Dua hari yang lalu kita baru saja merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Kristus kembali kepada Allah Bapa di surga. Dan sejak kemarin, tepat satu hari sesudah Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Kristus, di beberapa paroki diadakan doa novena mohon kehadiran Roh Kudus. Itu berarti pada hari ini merupakan hari kedua umat Katolik mengadakan doa novena mohon kehadiran Roh Kudus. Roh Kudus yang kita mohonkan lewat doa novena ini didasarkan pada sabda Yesus bahwa Dia akan pergi kepada Bapa. Dengan pergi kepada Bapa, maka Roh Kudus itu baru bisa diutus ke dunia untuk menolong kita umat-Nya. Roh Kudus itu berasal dari Bapa dan Putra. Artinya ada andil atau peran Tuhan Yesus yang sangat besar terhadap kedatangan Roh Kudus. Dan lewat injil hari ini Yesus menegaskan bahwa segala sesuatu yang kita minta kepada Allah Bapa termasuk permintaan untuk mengutus Roh Kudus akan diberikan oleh Allah kepada kita lewat Tuhan Yesus Kristus, Putra-Nya. Kenyataan ini tidak hanya menunjukkan hubungan yang begitu dekat antara Tuhan Yesus dengan Allah Bapa di surga, tetapi juga hendak menunjukkan kepada kita bahwa Tuhan Yesus yang kita imani itu setara dan sama dengan Allah.

Saudara-saudari terkasih,
Perikop injil hari ini mungkin membingungkan kita. Sebab di satu sisi Yesus berkata bahwa segala sesuatu yang kita minta kepada Allah Bapa, akan diberikan melalui Yesus. Dengan kata lain, Tuhan Yesus menjadi pengantara antara Allah dengan umat manusia. Tetapi di sisi yang lain Tuhan Yesus selanjutnya mengatakan kepada para murid-Nya termasuk kepada kita yang hidup pada zaman sekarang ini untuk meminta atau berdoa langsung kepada Yesus. Itu berarti kita umat Kristiani boleh berdoa kepada Bapa dan boleh berdoa kepada Tuhan Yesus. Sebab Allah Bapa dan Yesus adalah satu. Allah Bapa dan Tuhan Yesus mempunyai kuasa dan otoritas yang sama. Tidak ada iri hati atau kecemburuan diantara Alllah Bapa maupun Yesus seperti yang pada umumnya terjadi di dunia. Inilah yang kita sebut dengan persatuan yang sempurna. Allah Bapa berkarya menyelamatkan melalui melalui Yesus. Namun tidak berarti bahwa Yesus lebih rendah dari Allah. Sebaliknya Yesus yang diutus Allah dengan sadar sesadar-sadarnya mengambil sikap tunduk dan patuh kepada Allah Bapa yang mengutus-Nya. Kasih yang sempurnan antara Allah Bapa dengan Yesus, mendorong Tuhan Yesus melakukan apa saja.

Saudara-saudari terkasih,
Kita umat Katolik percaya bahwa Yesus adalah Allah yang berubah menjadi manusia. Artinya dalam diri Yesus ada sifat manusia dan ada sifat Allah. Dengan sifat manusia yang dimiliki-Nya membuat Yesus sama dengan manusia kecuali dalam hal dosa. Sementara dengan sifat Allah yang ada dalam diri Yesus, membuat Tuhan Yesus mampu melakukan hal-hal yang ajaib termasuk mengabulkan doa-doa manusia. Kita dapat melihat dalam karya Yesus. Ketika membuat mukjizat ada kalanya Yesus berdoa mohon kepada Allah, tetapi ada kalanya Yesus langsung membuat mukjizat tanpa berdoa atau memohon kepada Allah. Maka kita bisa langsung berdoa kepada Tuhan Yesus. Bagi kita umat Kristiani, Yesus tidak hanya mengantar doa-doa kita, tetapi juga mengabulkan doa-doa kita. Hal ini membuktikan bahwa Yesus memang benar-benar Allah. Ini adalah keyakinan kita sebagai pengikut Yesus. Keyakinan ini harus kita pegang teguh di tengah perubahan dan tantangan yang kita hadapi. Sebab ada orang-orang atau kelompok-kelompok tertentu yang hanya melihat dan menganggap Yesus sebagai manusia. Yesus memang pernah hidup dan menjadi manusia. Tetapi peristiwa itu hanya terjadi untuk sesaat. Ketika Tuhan Yesus mengalami kebangkitan, Tuhan Yesus kembali menjadi Allah yang seutuhnya. 


REFLEKSI:
Apakah selama ini kita sudah menyadari bahwa kita bisa berdoa dalam nama Yesus yang penuh kuasa untuk mengabulkan doa-doa kita?

MARILAH KITA BERDOA:
Tuhan Yesus Kristus, Engkau menegaskan bahwa kami boleh meminta dan berdoa kepada-Mu. Sebab Engkau adalah Allah yang mampu memberikan apa yang kami minta dan kami harapkan dalam doa. Kami juga mohon Roh Kudus meneguhkan dan menguatkan iman kami kepada-Mu. Doa ini kami persembahkan dalam nama Yesus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.