Give us this day our
Daily Bread
Santapan Rohani
Atas Nama Bapa, Putra dan Roh Kudus

JANGAN MEMBALAS

1 Samuel 26:11 | Sabtu, 20 April 2024

"Kiranya TUHAN menjauhkan dari padaku untuk menjamah orang yang diurapi TUHAN. Ambillah sekarang tombak yang ada di sebelah kepalanya dan kendi itu, dan marilah kita pergi."


Renungan Harian

Bagaimana mengampuni orang yang membuat kita dihukum, padahal kita tidak bersalah? Kalau Tuhan memberi kita kesempatan membalas dendam, apa yang akan kita lakukan?

Saul sangat iri kepada Daud dan berupaya membunuhnya. Rupanya Saul belum tenang kalau Daud belum mati. Pada suatu kesempatan, Daud berhasil sampai ke tempat Saul tidur.

Saat berdiri di samping Saul yang tidur, terbuka lebar kesempatan bagi Daud menyelesaikan segala kesusahannya. Kalaupun ia tak mau mengotori tangannya, Abisai mengajukan diri untuk menancapkan tombak sekali saja pada Saul. Namun, Daud memilih melepaskan peluang untuk membunuh Saul.

Ia sadar dirinya bukan hakim dan Saul adalah orang yang diurapi Tuhan. Ia pun hanya mengambil tombak dan kendi Saul, setelah itu mereka pergi.

Kita dapat belajar dari Daud untuk mengampuni orang yang berbuat jahat kepada kita dan menolak membalas dendam sekalipun ada kesempatan untuk itu. Jangan membalas dendam. Ampunilah.
Menghukum adalah hak Allah bukan hak kita
Amin